moral pendidikan…??????

Pendidikan moral adalah pendidikan tentang nilai-nilai manusia dan bagaimana mewujudkan nilai-nilai itu. Pendidikan moral sangatlah  penting bagi individu,karena dengan pendidikan moral diharapkan perkembangan moral diharapkan mampuberjalan dengan serasi sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakatdemi harkat dan martabat manusia itu sendiri.

Di Indonesia khususnya, pendidikan moral telah ada dalam setiap jenjang pendidikan.  Di Sekolah Dasar perkembangan pendidikan moral selain didukung dari perang orang tua,juga dari guru-guru yang mengajarkan nilai-nilai luhur untuk bekal kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.  Pendidikan Moral Pancasila, diajarkan sejak dari penndidikan dasar memiliki tujuan yang antara lain:

~membentuk anak negeri sebagai individu yang beragama

~ memiliki rasa kemanusiaan

~memiliki tenggang rasa demi persatuan

~ menjunjung tinggi nilai-nilai musyawarah untuk kerakyatan

~berkeadilan social

Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam pendidikan moral,maka dalam pelaksanaannya terdapat tiga faktor penting yang perlu diperhatikan yaitu :

1.  Peserta didik memiliki tingkat kesadaran moral yang berbeda-beda, maka perlu dilakukan identifikasi yang bertujuan untuk pembentukan moral individu

2.  Nilai-nilai (moral) Pancasila, berdasarkan tahapan kesadaran dan perkembangan moral manusia maka perlu di ketahui pula tingkat tahapan kemampuan peserta didik.  Hal ini penting mengingat dengan tahapan dan tingkatan yang berbeda itu pula maka semua nilai-nilai moral yang terkandung dalam penididkan moral tersebut memiliki batasan-batasan tertentu untuk dapat terpatri pada kesadaran moral peserta didik.  Dengan kata lain, kalaulah pancasila memiliki 36 butir nilai moral, maka harus difahami pula proses pemahaman peserta didik berdasar pada tingkat kesadaran dan tingkat kekuatan nilai kesadaran itu sendiri.
3.  Guru Sebagai fasilitator,  apabila kita kembali mengingat teori perkembangan moral manusia dari Kohlberg dengan 4 dalilnya maka guru seyogyanya adalah fasilitator yang memberikan kemungkinan bagi siswa untuk memahami dan menghayati nilai-nilai pendidikan moral itu.
Dengan memperhatikan tiga hal diatas maka proses perkembangan moral manusia yang berjalan dalam jalur pendidikan tentu akan berjalan sesuai dengan tahapan perkembangan moral pada tiap diri manusia.

Satu pertanyaan yang masih ada dalam setiap anganku. Mengapa banyak sekali masyarakat Indonesia yang bertingkah laku dan berkelakuan yang tidak sepatutnya dilakukan??? Padahal banyak para pelaku itu mempunyai pendidikan yang tinggi. Kalau dilihat dari faktor pendidikan, seharusnya seseorang yang mempunyai pendidikan tidak akan bertindak yang bukan-bukan dan tidak senonoh dan bisa menjadi contoh bagi orang lain disekitarnya yang nota bene kurang atau bias dibilang berpendidikan kurang. Tapi mengapa kelakuan atau akhlak mereka tidak lebih atau bahkan jauh berada dibawah dari orang yang tidak berpendidikan??? Itu bisa terjadi karena pengaruh lingkungan sekitarnya.

Pendidikan di Indonesia pada saat ini cenderung lebih mementingkan aspek akademis dari pada aspek moral. Hal ini bisa kita lihat di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Sebagai contoh, seseorang murid SMK yang nakal atau tidak bermoral lah bisa dikatakan dapat lulus dari SMU dan meneruskan keperguruan tinggi hanya karena nilainya mencukupi standar kelulusan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Coba kita bayangkan apa yang akan terjadi apabila Negara Indonesia ini dipimpin oleh orang yang hanya mempunyai nilai akademis yang tinggi tapi tidak bermoral. apa yang akan terjadi dengan negara ini??

Pendidikan Indonesia menganut atau lebih condong pada sistem pendidikan liberal yang mengesampingkan pendidikan moral dan hanya mementingkan pendidikan akademis. Kapan Indonesia bisa maju kalau pendidikan moral di semua sekolah ditiadakan?? apakah Indonesia bisa maju kalau hanya mengandalkan pada kepintaran akademis??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: